SMK Negeri 1 Girimulyo

Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo Kulon Progo

SMK Berbasis Budaya dan Lingkungan

SENGKALAN SMKN 1 GIRIMULYO (2013)

Kamis, 20 Oktober 2022 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 576 Kali

SUNARING KARTIKA ING DIRGANTARA KAWISTARA (2013)

 

Makna

Sunaring kartika ing dirgantara kawistara merupakan sengkalan yang dipakai oleh SMKN 1 Girimulyo sebagai falsafah dalam menjalankan peran sebagai salah satu satuan pendidikan  yang berada dalam lingkup Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam penulisan sengkalan kata sunaring simbol dari angka 3, kartika simbol dari angka 1, dirgantara simbol dari angka 0, dan kawistara simbol dari angka 2. Kaidah penulisan sengkalan dalam budaya Jawa memiliki aturan pembacaan kalimat sengkalan dimulai dari kata terakhir kemudian menuju ke kata yang pertama sehingga kalimat sunaring kartika ing dirgantara kawistara merupakan simbol dari tahun 2013. Tahun 2013 sendiri merupakan tahun berdirinya SMKN 1 Girimulyo. Sebagai satuan pendidikan yang memegang erat budaya serta kearifan lokal, SMKN 1 Girimulyo membuat sengkalan yang berwujud rangkaian kata (sengkalan lamba) tidak hnya berdasarkan tahun berdiri SMKN 1 Girimulyo saja, namun sengkalan tersebut merupakan representasi keadaan, visi dan misi yang dicanangkan SMKN 1 Girimulyo.

Jika dimaknai secara tekstual, sunaring kartika ing dirgantara kawistara memiliki arti sinar bintang di angkasa tarlihat, namun interpretasi yang diinginkan adalah terlihat sinar bintang di angkasa. Sengkalan diatas terdiri dari 3 kata benda (sinar, bintang, angkasa), 1 kata kerja (terlihat) dan 1 kata penghubung (di). Makna dari sengkalan sunaring kartika ing dirgantara kawistara, kata bintang yang dimaksud merujuk pada matahari dimana matahati merupakan sebuah benda yang bersinar namun terletak jauh dari pandangan mata, sedangkan sinar merujuk kepada cahaya atau bersifat menyilaukan. Kata angkasa bermakna ruang yang jauh diatas bumi dan bersfiat abstrak atau tidak berwujud.

Berdasarkan kajian tekstual di atas, secara hermeunitika teks tersebut memiliki makna,  kata sinar bintang yang dimaksud merujuk kepada SMKN 1 Girimulyo sebagai salah satu satuan pendidikan yang memiliki kredibilitas dan kemampuan dalam menyelenggarakan pendidikan yang optimal sehingga menjadikan para peserta didiknya mampu bersaing di dunia industri serta memiliki karakter yang baik layaknya matahari yang menyilaukan dan mampu menerangi sisi gelap yang ada disekitarnya. Kata dirgantara berarti angkasa atau sesuatu yang berada jauh di atas permukaan bumi. Kata angkasa mengacu kepada letak geografis SMKN 1 Girimulyo yang terletak disekitar bukit Menoreh kabupaten Kulon Progo. Berdasarkan letak geografis, dapat digambarkan bahwa SMKN 1 Girimulyo terletak di bagian “atas” (pegunungan) kabupaten Kulon Progo. Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa sengkalan Sunaring Kartika Ing Dirgantara Kawistara yang dalam sengkalan Jawa bermakna 2013, merupakan representasi keadaan dan visi misi SMKN 1 Girimulyo sebagai satuan pendidikan yang berkompeten menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia industri dan berkepribadian baik layaknya sinar matahari, meskipun secara geografis SMKN 1 Girimulyo terletak di daerah pegunungan Menoreh kabupaten Kulon Progo.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT