SMK Negeri 1 Girimulyo

Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo Kulon Progo

SMK Berbasis Budaya dan Lingkungan

RAT KSP ‘GISA SEJAHTERA’

Selasa, 04 Januari 2022 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 718 Kali

RAT KSP ‘GISA SEJAHTERA’

SMK N 1 GIRIMULYO

Di RESTO PUNCAK SAKA

 Girimulyo – Koperasi Simpan Pinjam (KSP) ‘Gisa Sejahtera’ yang beranggotakan pegawai di SMK N 1 Girimulyo baik guru dan tenaga kependidikan, melaksanakan program kerja akhir tahun 2021 yaitu Rapat Anggota Tahunan (RAT). Rapat Anggota Tahunan KSP ‘Gisa Sejahtera’ dilaksanakan pada hari Senin, 03 Januari 2022 bertempat di Rumah Bambu kompleks Resto Puncak Saka yang berada di tepi Pegunungan Menoreh tepatnya berada di wilayah Klajuran, Tanjungharjo, Nanggulan, Kulon Progo, D.I Yogyakarta. Sebelum rapat dimulai seluruh peserta rapat dipersilahkan menikmati hidangan makan siang beserta snack dan minum yang sudah dipesankan sebelumnya. Rapat Anggota Tahunan KSP ‘Gisa Sejahtera’ diawali dengan berdoa dan dilanjutkan sambutan Kepala SMK N 1 Girimulyo. Setelah sambutan Kepala Sekolah, acara selanjutnya adalah laporan program kerja dari pengurus KSP ‘Gisa Sejahtera’ kemudian disambung dengan diskusi antar anggota koperasi yang membahas perkembangan dan program koperasi ke depan.

 

Waryanto, S.Pd selaku Kepala Sekolah dan bertindak sebagai Ketua Dewan Pengawas KSP ‘Gisa Sejahtera’ menyampaikan, jika filosofi koperasi adalah dari kita dan untuk kita atau dari anggota untuk anggota. Lebih lanjut Waryanto menjelaskan bahwa koperasi ditujukan untuk mensejahterakan anggotanya, dengan cara memberikan pelayanan simpan dan pinjam dengan syarat yang mudah dan tidak berbelit-belit. KSP ‘Gisa Sejahtera’ masih terbuka untuk pendaftaran anggota baru bagi pegawai yang belum masuk anggota.

 

Dalam kesempatan RAT KSP ‘Gisa Sejahtera’ ini, Winarto, S.Pd, M.Pd selaku ketua pengurus KSP ‘Gisa Sejahtera’ menyampaikan laporan kerja pada tahun 2021. Dalam laporannya, Winarto memaparkan jika anggota koperasi berjumlah 35 orang dan mendapat tambahan anggota baru 1 orang. Sehingga total anggota berjumlah 36 orang. Sebagai syarat masuk anggota koperasi harus menyetorkan uang simpanan pokok dan simpanan wajib, serta simpanan hari raya dan simpanan lain yang bersifat sukarela. Untuk besaran nominal setiap program simpanan sudah disepakati seluruh anggota koperasi pada saat RAT tahun sebelumnya. Program layanan koperasi yang diberikan di antaranya adalah pinjaman jangka pendek atau sebrak dan pinjaman jangka panjang yang bisa diangsur selama 10 bulan dengan besarnya jasa pinjaman sangat terjangkau.

 

Lebih lanjut laporan program kerja tahun 2021 dipaparkan oleh Dra. RR Tantri Ernaningsih selaku bendahara KSP ‘Gisa Sejahtera’. Dalam laporannya Tantri mengatakan “perputaran uang pinjaman di KSP ‘Gisa Sejahtera’ periode tahun 2021 berjumlah kurang lebih 111 juta rupiah.” Selain itu dijelaskan pula tentang pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) kepada seluruh anggota yang pembagiannya meliputi pemberian jasa penyimpan, jasa peminjam, jasa pengurus dan operasional, serta dana cadangan. Seluruh anggota koperasi mendapat pembagian SHU secara bervariasi tergantung besar kecilnya dana yang disimpan dan dana yang dipinjam. Semakin besar nominal dana yang disimpan dan dana yang dipinjam maka akan semakin besar pula hasil pembagian SHU-nya.

 

Agenda acara RAT selanjutnya diisi diskusi oleh peserta rapat yang membahas program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2022 yang lebih mensejahterakan anggota. Pada akhir kegiatan RAT KSP ‘Gisa Sejahtera’ dilaksanakan pembagian SHU kepada seluruh anggota KSP ‘Gisa Sejahtera’ yang dikoordinir oleh bendahara dan sekretaris pengurus KSP ‘Gisa Sejahtera’. Setelah semua peserta RAT menerima pembagian SHU, maka acara RAT ditutup dengan berdoa bersama dan semua peserta rapat dipersilahkan pulang ke rumah masing-masing.(AL)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT