SMK Negeri 1 Girimulyo

Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo Kulon Progo

SMK Berbasis Budaya dan Lingkungan

PEMBINAAN MOTIVASI SISWA KELAS XII

Selasa, 04 Januari 2022 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 260 Kali

PEMBINAAN MOTIVASI SISWA KELAS XII

 SMK N 1 GIRIMULYO

  

Girimulyo – SMK Negeri 1 Girimulyo melaksanakan program kegiatan Pembinaan Motivasi dan Mental bagi kelas XII pada awal tahun 2022. Pembinaan ini dilakukan dengan tujuan untuk membangkitkan semangat siswa dalam menghadapi kegiatan belajar mengajar pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Selain itu juga menyiapkan mental siswa setelah lulus nanti agar siap memasuki dunia kerja dan dunia industri. Pembinaan ini dikhususkan bagi kelas XII, yang dilaksanakan pada hari Senin, 03 Januari 2022 di aula SMK N 1 Girimulyo. Acara ini terselenggara berkat kerjasama antara SMK N 1 Girimulyo dengan Polsek Girimulyo dan TNI Angkatan Darat. Dalam acara pembinaan kali ini diikuti 71 siswa kelas XII, dengan rincian 35 siswa dari Program Keahlian Teknik Otomotif, Kompetensi Keahlian Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor dan 36 siswa Program Keahlian Akuntansi, Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Acara dibuka oleh Winarto, S.Pd, M.Pd selaku wakil kepala sekolah. Dalam sambutannya Winarto menyampaikan agar acara pembinaan ini diikuti dengan sebaik-baiknya dan siswa dapat mengambil manfaat positif yang disampaikan pemateri.

 

Acara pembinaan diisi pemateri dari TNI Angkatan Darat yaitu Letda. Ctp. Romy Indra Widjayanta, S.T dari Praktisi Wirausaha yaitu Dwi Putri Ayuni, S.E dan dari Polsek Kapanewon Girimulyo yaitu AKP Suyadi. Pada sesi pertama diisi oleh Letda. Ctp. Romy Indra Widjayanta, S.T tentang pembinaan motivasi dan mental yang didahului bercerita tentang pengalaman perjalananan hidup selama sekolah sampai dengan masuk menjadi anggota TNI Angkatan Darat. Lebih lanjut Romy menyampaikan bahwa diperlukan kerja keras dan disiplin yang tinggi untuk mencapai cita-cita. Tanpa kerja keras dan disiplin maka segala yang kita lakukan tidak akan mencapai hasil yang maksimal. Lebih lanjut Romy menceritakan prestasi-prestasi yang sudah diraih mulai pendidikan Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Di samping menyampaikan berprestasi secara akademik dan non akademik, juga perlu dikembangkan jiwa wirausaha di berbagai bidang sebagai bagian untuk memotivasi siswa-siswa kelas XII di SMK N 1 Girimulyo terang Romi.

 

 

Pada sesi selanjutnya materi diisi oleh Dwi Putri Ayuni, S.E yang merupakan Lulusan Bina Nusantara dan sekarang menjadi praktisi bisnis. Dwi Ayuni memaparkan tentang prestasi-prestasi yang diraih selama menempuh bangku studi agar bisa membuka gambaran siswa-siswa kelas XII tentang persaingan yang terjadi di dunia nyata. Selain itu Dwi juga menyampaikan bisnis yang dia lakoni sampe sekarang dan trik-trik apa yang perlu dilakukan agar bisnis bisa bertahan dan bisa berkembang. Salah satu strategi dalam bisnis adalah adanya kerja sama. Tanpa kerja sama dengan pihak lain maka bisnis tidak akan berjalan dan bisa meriah keuntungan yang diharapkan. Pada akhir pemaparannya, Dwi menyampaikan kiat-kiat sukses yaitu inovatif disertai dengan mengubah cara pandang, keluar dari lingkungan kurang produktif, temukan ide-ide baru, mengganti kebiasaan yang kurang produktif, merangsang otak untuk selalu berfikir, dan mendokumentasikan ide.

 

Pada sesi terakhir, diisi pemateri dari Polsek Girimulyo yaitu AKP Suyadi yang bertugas di divisi Reskrim Polsek. Suyadi memaparkan bahaya-bahaya kenakalan remaja yang sering terjadi yang bisa merugikan diri sendiri maupun lingkungan. Kenakalan remaja seperti tawuran, hura-hura, klithih, balap liar dan lain sebagainya bisa menjurus ke arah pelanggaran tindak pidana yang bisa dijerat hukum. Selain itu Suyadi juga menjelaskan tentang tindakan pelecehan dan juga perundungan bagi sesama pelajar di sekolah yang bisa berakibat fatal pada perkembangan psikologis siswa yang menjadi korban. Terakhir Suyadi berpesan agar siswa kelas XII dapat menjaga diri dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang melawan hukum yang bisa menghancurkan masa depan.

 

Setelah acara selesai, siswa diperbolehkan pulang untuk mempersiapkan diri menghadapi pembelajaran pada semester genap dan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid-19 varian baru yaitu Omicron.(AL)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Samsudin, S.Pd

Assalamu'alaikum wr.wb Puji syukur hanya kepada Alloh SWT, atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. aamiiin…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Tujuan Kunjungan Industri pilihan kalian ?

LIHAT HASIL