SMK Negeri 1 Girimulyo

Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo Kulon Progo

SMK Berbasis Budaya dan Lingkungan

PEMBEKALAN PRAKERIN SMK N 1 GIRIMULYO

Selasa, 30 Maret 2021 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 819 Kali

Praktik industri atau praktik kerja industri, yang biasa disingkat PI atau Prakerin, adalah “suatu program yang bersifat wajib tempuh bagi siswa SMK yang merupakan bagian dari Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dalam pedoman teknis pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda pada SMK disebutkan bahwa Praktik Kerja Industri adalah praktik keahlian produktif yang dilaksanakan di industri atau di perusahaan yang berbentuk kegiatan mengajarkan pekerjan produksi dan jasa.”

Pada bulan awal April 2021 SMKN 1 Girimulyo akan melepas siswa-siswinya untuk Prakerin di berbagai dunia usaha dan dunia industri (DU/DI) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Purworejo, demikian disampaikan oleh ketua penyelenggara Prakerin yang juga sebagai Wakil Kepala Urusan Hubungan Masyarakat SMKN 1 Girimulyo Alim Sudalyana, S.Pd. “Prakerin kali ini diikuti oleh 36 orang siswa dari jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) serta 36 orang siswa dari jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga,” Alim Sudalyana menambahkan.

Sebelum mereka terjun ke berbagai dunia usaha ataupun dunia industri terlebih dulu diadakan acara pembekalan. Kepala SMKN 1 Girimulyo, Waryanto, S.Pd. dalam sambutannya menyampaikan, “Dalam melaksanakan Prakerin nanti kalian harus bersikap dewasa, mandiri, menghargai orang lain, disiplin dan tanggung jawab.” Wakil kepala sekolah Urusan Kurikulum, Winarto, M.Pd. menyampaikan bahwa Praktik Industri adalah kesempatan bagi anak-anak untuk meningkatkan kemampuan baik pengetahuan maupun keterampilan dasar kejuruan (produktif) sesuai dengan jurusannya masing-masing. Ketua Jurusan TBSM, Hari Rahmanto, S.Pd. selain itu menyampaikan hal-hal yang bersifat teknis juga berpesan agar anak-anak selalu menjaga nama baik diri dan lembaga dalam hal ini SMK Negeri 1 Girimulyo. (Trigana)*

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT