SMK Negeri 1 Girimulyo

Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo Kulon Progo

SMK Berbasis Budaya dan Lingkungan

MENGENAL MEDIA PEMBELAJARAN

Kamis, 29 Nopember 2018 ~ Oleh ~ Dilihat 24312 Kali

Sumber: gurudigital.id

Apa itu media pembelajaran?

Kata “media” secara umum dapat diartikan sebagai alat/perantara yang digunakan untuk menyalurkan suatu objek dari satu tempat/pihak ke tempat/pihak yang lain.

Kaitannya dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas, kita mengenal yang namanya media pembelajaran. Media pembelajaran adalah  alat bantu yang dapat menjabarkan pesan atau informasi dari guru ke siswa yang bertujuan mempermudah proses pembelajaran. Dengan dimanfaatkannya media pembelajaran saat KBM, diharapkan pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa dapat terangsang sehingga pada akhirnya siswa dapat menerima dan memahami informasi (materi) dari guru dengan baik.

Pengertian Media Pembelajaran Interaktif

Kata “interaktif” secara umum memiliki arti komunikasi dua arah atau lebih dari komponen-komponen komunikasi. Lebih simpelnya, “interaktif” berarti komunikasi aktif antara komunikator dan komunikan. Tidak ada satu pihak yang pasif. Media Interaktif secara umum mengacu pada pada produk multimedia dan layanan digital pada system IT yang merespon tindakan pengguna dengan menyajikan konten audio, konten visual maupun  konten audiovisual.

Maka selanjutnya kita bisa menarik kesimpulan bahwa pengertian Media Pembelajaran Interaktif adalah alat bantu berbasis multimedia yang dapat menjabarkan pesan atau informasi dari guru ke siswa yang dalam prosesnya terjadi komunikasi aktif dua arah antara multimedia dengan pengguna (siswa) yang   bertujuan mempermudah proses pembelajaran.

Jenis Media Pembelajaran Interaktif

Di era digital seperti sekarang ini, guru sebenarnya mudah sekali untuk dapat mendapatkan media pembelajaran interaktif. Guru dapat mencari di internet dan dapat menggunakan multimedia interaktif tersebut secara gratis maupun berbayar. Ada 3 jenis media pembelajaran interaktif yang dapat dengan mudah ditemukan di internet, yakni multimedia pembelajaran interaktif berbasis e-learning, media pembelajaran website pendidikan situs belajar online, media interaktif berbasis software dan media belajar interaktif berbasis aplikasi android.

Contoh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Learning

  1. Moodle : Moodle adalah salah satu E-Learning berbasis PHP dan MySQL yang paling populer . Memiliki fitur jadwal pembelajaran, program quiz, presentasi hasil karya. Moodle juga memiliki modul interaksi siswa dengan guru yakni chatforum, workshop atau survey.
  2. Fedena : Fedena memiliki fitur lengkap untuk kegiatan pembelajaran hingga manajemen pendidikan di sekolah. Adanya klasifikasi akses login antara pendidik, tenaga kependidikan, siswa, orang tua dan manajemen lembaga pendidikan membuat Fedena menjadi alternative terbaik untuk membangun e-learning institusi satuan pendidikan.
  3. Ilmukomputer : Ilmukomputer.com adalah e-learning berbasis komunitas yang menyediakan sumber belajar khusus ilmu komputer dalam bahasa Indonesia secara free.
  4. Pesonaedu : Pesonaedu.com hadir sebagai e-learning khusus matematika dan IPA. Kelebihan dari situs ini adalah menyediakan banyak materi yang dilengkapi dengan gambar animasi sehingga lebih mudah dan menarik untuk dipelajari.
  5. lipi.go.id : Fisikanet keluaran LIPI ini merupakan e-learning khusus pelajaran Fisika. Tersedia materi, latihan soal, sejarah dan ruang diskusi seputar mencari penyelesaian mengenai pelajaran fisika.

Contoh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web / Situs Online

  1. Zenius Education : Zenius Education adalah situs pembelajaran online yang menyajikan ragam materi pembelajaran mulai tingkat SD hingga SMA. Tersedia lengkap dalam Bahasa Indonesia
  2. Wikipedia : Wikipedia merupakan salah satu website pendidikan terbesar di dunia yang menyajikan berbagai ulasan materi tentang arti kata, penjabaran sains, sejarah, biografi, profil Negara dan lain sebagainya.
  3. Kelas Kita : Kelaskita merupakan website penyedia berbagai kursus bagi pengunjung. Beragam materi pembelajaran hingga materi pengetahuan umum tersedia di situs ini.
  4. Wolfram Alpha : Wolfram Alpha merupakan portal sumber belajar lengkap (dalam bahasa inggris) tentang matematika, statistika, astronomi, seni keterampilan dan lain-lain.
  5. Music Theory : Di situs Music Theory menyediakan materi tentang pengenalan music dasar, ritmis, interval, chord, nada diatonis, dan lain-lain.
  6. Wikihow : Wikihow adalah situs pencarian cara. Berbagai macam cara bisa kita dapatkan disini.
  7. Bing Map & Google Map : Bing Map dan Google Map merupakan situs belajar online untuk melihat peta dunia secara nyata.
  8. Bing Search & Google Search : Situs yang hampir semua penguna internet mengetahui. Ya, inilah situs pencarian terpopuler di dunia.
  9. Bing Translator : Bing Translator adalah situs yang bisa diandalkan untuk menerjemahkan berbagai bahasa.
  10. Microsoft Photosynth : Situs untuk menjelajahi bangunan terkenal dan tempat wisata terbaik dari berbagai belahan dunia melalui media visual 3 dimensi.
  11. Wordwide Telescope : Situs satu ini menghadirkan visualisasi nyata tentang astronomi.

Semoga bermanfaat!!!

diposkan oleh: wineto

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT